PPA Raih 5 Penghargaan dalam Ajang Environmental & Social Innovation Awards 2024

PPA mendapatkan 5 penghargaan apresiasi dalam ajang Environment & Social Innovation Awards (ENSIA) 2024 yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, Rabu (31/07).

Penerapan aspek-aspek Environmental, Social & Governance (ESG) dalam praktik bisnis, khususnya di ranah pertambangan, merupakan hal yang kini sudah diwajibkan, khususnya dalam pencapaian poin-poin Sustainability Development Goals (SDG) 20230. Hal ini berkenaan langsung dengan penambangan yang berkelanjutan dan bertanggungjawab sosial.

ENSIA merupakan ajang apresiasi yang memberikan penghargaan kepada para pelaku bisnis dan Local Hero yang dinilai berhasil melakukan pengelolaan alam dan inovasi sosial dengan baik guna mencapai poin-poin dalam SDG.

ENSIA tahun ini mengambil tema Extraordinary Turnaround Innovation for Sustainability yang selaras dengan Green Leadership Perusahaan 2024 yang diselenggarakan untuk Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) KLHK.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong yang juga memberikan keynote speech mengenai bagaimana pelaku usaha harus berkomitmen dalam implementasi ESG dalam proses bisnisnya agar sejalan dengan instrumen PROPER sehingga tidak hanya mengelola aspek benefit tapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.

“Sebagai bentuk komitmen kepedulian perusahaan atas perubahan iklim, penanganan lingkungan hidup, kami berharap kedepannya para pelaku usaha yang menerima penghargaan dapat memberikan dan menciptakan inovasi secara berkelanjutan,” jelas Alue Dohong seperti yang disadur dari kabarbaik.co (01/08).

Di ajang ini PPA mendapatkan 5 penghargaan, yaitu:
Gold dalam Kategori 3R Limbah Padat Non B3 dengan Program PPA site BA “Kompos BAHAGIA”
Gold dalam Kategori Pengurangan & Pemanfaatan LB3 dengan Program AMM site MHU “Mengurangi Limbah Filter dan Kontaminasi Lingkungan Akibat Kebocoran Oli pada Excavator”
Gold dalam Kategori Pengurangan & Pemanfaatan LB3 dengan Program PPA site BIB “Additional Fuel Filter For Reduce Low Power Issues And Extend Lifetime Fuel Filter HD785-7”
Silver dalam Kategori 3R Limbah Padat Non B3 dengan Program AMM site MIFA “Pemanfaatan Pallet kayu di ubah menjadi serbuk gergaji”
Silver dalam Kategori Penurunan Emisi dengan Program PPA site SKS “Penurunan Emisi Gas Buang dan Efisiensi Fuel Cost Consumption Menggunakan Gardu PLN”

“Dengan penghargaan ini, mencerminkan komitmen kami dalam mengimplementasikan kegiatan operasional bisnis yang mengutamakan aspek keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan sosial. Sehingga, menjadikan motivasi bagi kami untuk terus berinovasi kepada lingkungan dan masyarakat,” sebut Group Leader SHE PPA site MHU Allisa Pratami.

Adapun program-program yang meraih penghargaan adalah sebagai berikut:

Program PPA site BA “Kompos BAHAGIA” merupakan program pemanfaatan sampah organik sisa makanan dan mengolahnya menjadi pupuk kompos untuk mengurangi timbunan sampah yang dihasilkan dari suatu kegiatan pertambangan. Kebermanfaatan program dapat dirasakan untuk internal perusahaan melalui adanya penghijauan lokasi kerja, maupun masyarakat/sekolah sekitar melalui pemberian dan edukasi terkait pupuk. Program ini sesuai dengan tujuan SDG indikator 11 yaitu Sustainable Cities and Communities.

Program AMM site MHU “Mengurangi Limbah Filter dan Kontaminasi Lingkungan Akibat Kebocoran Oli pada Excavator” merupakan program untuk mengurangi timbulan limbah B3 yang dihasilkan dari proses perbaikan dan perawatan unit Excavator. Tim CSR AMM site MHU secara signifikan berhasil mengurangi jumlah pengisian oli hidrolik sebanyak 4.483 liter saat proses perbaikan dan perawatan unit Excavator selama periode Agustus 2023 – Maret 2024. Solusi yang diterapkan meliputi pembuatan formulir standard follow up, pergantian radiator setiap 6000 jam, pemasangan filter tambahan, dan membuat petunjuk standarisasi pressure hydraulic. Program ini sesuai dengan tujuan SDG indikator SDG indikator 12 yaitu Responsible Consumption and Production dan indikator 15 yaitu Life on Land.

Program PPA site BIB “Additional Fuel Filter For Reduce Low Power Issues And Extend Lifetime Fuel Filter HD785-7” merupakan program inovasi penambahan filter solar untuk meningkatkan performa unit HD 785-7. Tim CSR PPA site BIB mampu mengurangi jumlah limbah padat untuk 1 unit HD dalam 1 kali periodic maintenance service 1000, dari sebelumnya melakukan penggantian filter sebanyak 16 buah, berkurang menjadi 7 buah atau terjadi penurunan sebesar 56,3% setelah dilakukan penambahan filter solar. Inovasi penambahan filter solar berhasil diduplikasi secara internal dengan menerapkan sistem filtrasi tambahan di seluruh unit HD 785-7 yang beroperasi di berbagai jobsite milik PPA. Program ini sesuai dengan tujuan SDG indikator 7 yaitu Affordable and Clean Energy, indikator 9 yaitu Industry, Innovation, and Infrastructure, serta indikator 12 yaitu Responsible Consumption and Production.

Program AMM site MIFA “Pemanfaatan Pallet kayu di ubah menjadi serbuk gergaji” merupakan program pemanfaatan kembali Pallet kayu (limbah padat non B3) sebagai serbuk gergaji sejumlah 3 s/d 4 karung dalam 1 bulan. Dimana serbuk gergaji dapat digunakan untuk melakukan penanganan ceceran/tumpahan limbah B3 (oli bekas) ke tanah ataupun di area beton.

Program PPA site SKS “Penurunan Emisi Gas Buang dan Efisiensi Fuel Cost Consumption Menggunakan Gardu PLN” merupakan program inovasi penggantian generator ke gardu PLN sebagai supplier listrik ramah lingkungan dan hemat energi. PPA site SKS mengganti generator GS 537 dan GS 2402 ke Gardu PLN sebagai supplier listrik untuk mendukung seluruh kegiatan operasional yang dapat membantu mengurangi jejak emisi gas buang sebesar 90% dan biaya konsumsi bahan bakar hingga 69%. Program ini sesuai dengan tujuan SDG indikator 7 yaitu Affordable and Clean Energy.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.