PPA Warnai Upacara Hari Peringatan Pertambangan dan Energi ke-79 dengan Semangat Safety Melalui Pameran Advanced Rescue & Fire Truck

Sektor pertambangan dan energi telah lama menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Kontribusinya tidak hanya terbatas pada pendapatan negara, namun juga sebagai motor penggerak pembangunan nasional. Sejarah mencatat betapa pentingnya sektor ini, bahkan sejak masa perjuangan kemerdekaan. 

Aksi heroik para pemuda, dipimpin oleh Arie Frederik Lasut yang membayar dengan nyawanya untuk merebut kembali dan mempertahankan kendali nasional atas sektor pertambangannya dari penjajah pada 28 September 1945 menjadi tonggak sejarah yang patut dikenang. Tanggal inilah yang kemudian dijadikan sebagai Hari Jadi Pertambangan dan Energi Nasional. 

Ada pun akhir bulan September hingga awal Oktober 2024 ini dilaksanakan berbagai acara terkait pertambangan dan energi seperti Good Mining Practice (GMP) Awards, Upacara Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi dan pameran unit berat pertambangan yang digelar di Monas, serta Subroto Awards yang merupakan penghargaan tertinggi dari KESDM di ranah pertambangan dan energi. 

Pulang membawa Penghargaan Aditama (emas) dan Trofi Terbaik dari GMP Awards 2024, kini PT Putra Perkasa Abadi (PPA), salah satu perusahaan kontraktor yang berkecimpung di sektor pertambangan, turut berpartisipasi dalam perayaan Upacara Peringatan Hari Jadi Energi & Pertambangan yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan  Sumber daya Mineral pada 10 Oktober 2024. 

Dalam acara yang dihadiri oleh Menteri ESDM Bahlil Lahadalia dan Presiden Direktur PPA Joko Tri Raharjo ini, PPA mendapatkan kesempatan untuk ikut dalam pameran alat berat pertambangan dengan membawa sejumlah unit alat berat dari salah satu anak perusahaannya, Star Wagen Indonesia (SWI), yang merupakan dealer resmi untuk unit alat berat Mercedes Benz. 

PPA juga mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan integrated command and rescue unit pertama di Indonesia, yaitu sebuah truck rescue yang dilengkapi dengan peralatan yang dilengkapi fitur untuk melakukan 5 jenis rescue yaitu water rescue, vehicle rescue, jungle rescue, fire rescue dan high angle rescue; serta fitur canggih command center untuk mengintegrasikan tindakan rescue yang dilakukan. PPA juga memperkenalkan fire trucknya yang dilengkapi dengan water tank, foam tank, perlengkapan kelistrikan dan perlengkapan fire rescuenya. 

Kehadiran integrated command rescue & fire unit di samping unit alat berat pertambangan terbaik SWI ini menunjukkan komitmen PPA Group dalam meningkatkan standar keselamatan kerja di sektor pertambangan serta menegaskan peran aktif PPA dalam mendukung pengembangan sektor ini dengan mengedepankan aspek keselamatan dan keberlanjutan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.